Alasan Memilih Kerja di Bandung

Halo semua,

Ini postingan pertama saya setelah wisuda ya? Ngomong-ngomong tentang wisuda, kali ini saya mau membahas kehidupan pasca kuliah.

Ketika urusan perkuliahan sudah beres, maka muncul pertanyaan: apa yang akan dilakukan berikutnya? Ada yang memilih bekerja, lanjut S2, atau mungkin mau buat usaha sendiri. Zaman sekarang udah banyak pilihannya. Namun, di postingan kali ini saya mau bercerita tentang keputusan saya memilih Bandung sebagai tempat menjalani kehidupan pasca kuliah. Mungkin ada yang penasaran, kenapa ga langsung S2? Ya karena saya belum siap aja buat S2, kalau ditanya pengen sih pengen (butuh malah, harus), tapi ya belum waktunya kalau buat saya, masih ingin memperbanyak pengalaman dan portfolio (S2 yang saya pengen menilai dari portfolio juga soalnya). Lagipula, alasan saya buat lanjut S2 masih sebatas karena saya merasa ilmu saya masih kurang di bidang itu (di Indonesia belum ada jurusan yang khusus ngebahas bidang tsb., kalau di luar negeri ya udah jadi jurusan tersendiri). Saya belum bisa jawab dengan jelas kalau ditanya mau berkontribusi apa nanti dengan ilmunya 😐 Kalau pun terpaksa jawab, jawabannya mungkin belum spesifik πŸ˜€

Hal tersebut membuat saya memilih untuk kerja terlebih dahulu baru kemudian sekolah S2. Lalu, kerja di mana? Jakarta, Bandung, atau yang lainnya? Berbeda dari kebanyakan teman-teman saya yang mencari kerja di Jakarta, saya sejak sebelum lulus sudah memikirkan untuk bekerja di Bandung. Alasannya karena sudah nyaman dengan kehidupan di Bandung. Dengan memilih tinggal di Bandung, saya merasa bisa lebih banyak melakukan hal lain aja selain kerja, misalnya ambil les bahasa, renang lebih sering, sekedar lebih banyak waktu untuk membaca atau mengerjakan hobi. Hal-hal tersebut sayangnya, sulit dilakukan kalau saya bekerja di Jakarta yang mengharuskan saya berangkat jam 6 dari rumah lalu baru sampai rumah lagi mungkin jam 9 atau jam 10. Waktunya habis di jalan, buat saya kayak gitu ga terlalu menyenangkan haha. Selain itu, Bandung dan Bekasi cuma perlu waktu tempuh 2 jam, bisa lah kalau akhir pekan pulang ke rumah (kayak pas di IC, tiap minggu PP Serpong-Bekasi).

Alasan yang lebih besar lagi yaitu saya bisa sering-sering berenang kalau di Bandung, ga cuma ketika akhir pekan hehe. Saya sadar kalau olahraga itu penting banget dimasukin ke rutinitas. Begitu sebulan ga olahraga, saya jadi gampang radang tenggorokan atau flu. Efek olahraga ini juga buat jangka panjang, biar bisa beraktivitas dengan sehat terus sampai nanti-nanti. Ditambah lagi di zaman sekarang makanan yang dimakan udah macem-macem, ga tau sehat atau ngganya, jadi sangat sangat perlu diimbangi dengan olahraga.

Oke, sekian dulu tulisan saya kali ini. Terima kasih sudah membaca 😊

2 Comment

  1. ga pindah kosan berarti rum?

    1. ngga Dhil, yuk kalau mau main :))

Tell me what you think~